Monday 11 February 2008

Roh, dalam cara yang serupa, bergabung dengan kita

I-MANNA [16] : Roh, dalam cara yang serupa, bergabung dengan kita

Ayat Alkitab

Roma 8:23,26

(23)Dan tidak hanya demikian, tetapi kita juga, yang memiliki buah pertama atas Roh, bahkan kita sendiri berkeluh kesah didalam diri kita sendiri, dengan sangat ingin menanti keputraan, penebusan atas tubuh kita

(26) Terlebih lagi, dalam cara yang sama Roh juga bergabung di dalam untuk menolong kita dalam kelemahan kita, sebab kita tidak mengetahui bagaimana kita seharusnya berdoa dengan tepat, Tetapi Roh itu sendiri menjadi penengah bagi kita untuk menyampaikan keluh kesah kita yang tidak dapat diucapkan.

Perkataan Ministri

Apakah arti dari frasa "dalam cara yang serupa"? Sangat sulit untuk mengerti frasa ini. Saya percaya bahwa frasa ini memiliki sebuah makna yang almuhit. "dalam cara yang serupa" meliputi semua poin dari ayat-ayat selanjutnya-penantian, kerinduan, keluh kesah, kesabaran, harapan, dan seterusnya. Frase "dalam cara yang serupa" berhubungan dengan semua poin-poin ini. Ketika kita sedang berkeluh kesah, Roh Kudus juga sedang berkeluh kesah. Ketika kita sedang menanti, Dia sedang menanti. Ketika kita sedang berharap dan bersabar, Dia juga berharap dan bersabar. Apapun adanya kita, Dia juga sama. "dalam cara yang serupa" Roh bergabung di dalam untuk menolong kita. Betapa nyamannya hal ini!


Dia adalah sama sebagaimana kita. Jika kita lemah, Dia juga 'kelihatan' lemah, meskipun sesungguhnya Dia tidak. Dia simpati dengan kelemahan kita. Dia kelihatan lemah dalam kelemahan kita supaya Dia bisa berparsitipasi di dalamnya. Ketika kita dengan keras berdoa, "O, Bapa," Dia juga berdoa dengan keras. Dia juga berdoa dengan pelan ketika kita berdoa dengan pelan. Kita mungkin berkata, "O Bapa, Saya ini sangat kasihan. Berikanlah belaskasihan pada saya." Ketika kita berdoa dalam cara ini, Dia juga berdoa untuk kita "dalam cara yang serupa." Dengan cara apapun kita berdoa, Dia juga berdoa. Dalam cara apa saja kita, Dia juga demikian. Jika kita berdoa dengan cepat, dengan bersukacita, dan dengan berteriak, Dia juga berdoa dalam cara ini. Cara kita adalah cara-Nya.

Labels: ,